Home » » Grafitti-grafitti Legendaris di Jakarta

Grafitti-grafitti Legendaris di Jakarta

Written By orange blaster on Wednesday, 5 June 2013 | 22:00

Sekarang kalo kamu perhatikan, di jalan-jalan udah banyak banget grafitti yang bagus-bagus. Malah sekarang ini, orang-orang yang nyoret-nyoret tembok ini udah banyak yang terkenal dan karya-karyanya banyak dikagumi. Sebut saja Darbotz atau KOMA. Tapi grafitti di Indonesia gak selalu sebagus sekarang. Ada jamannya Grafitti di Indonesia (atau mungkin lebih tepatnya di Jakarta ya) itu cuma sekedar coret-coretan belaka yang bikin orang yang punya bangunan jadi kesel. Kita lagi ngomongin grafitti-grafitti legendaris seperti:

1. Tea-☮


Ini grafitti dulu ada di mana-mana dan jujur MBDC gak tau persis sih maksudnya apa. Ada yang bilang ini nama geng, tapi MBDC belum bisa konfirmasi juga sih. Ada yang mengerti maksudnya dan bisa jelasin? Atau mungkin malah ada yang dulu ikut-ikutan nulis Tea-☮ dimana-mana? Waktu kecil sih, kalo pegang pilox rasanya MBDC pengen banget ikut-ikutan nulis Tea-☮. Rasanya keren aja gitu.

2. Boedoet


Ini juga merupakan salah satu grafitti paling legendaris di Jakarta. Boedoet merupakan singkatan dari Boedi Oetomo, yang merupakan julukan dari SMA Negeri 1 Jakarta yang terletak di Jl. Boedi Oetomo. Secara gak langsung, kayaknya ini merupakan salah satu bentuk awal dari viral marketing gitu deh. Kamu liat tulisan boedoet dimana-mana terus kamu jadi penasaran boedoet apa, terus begitu kamu tahu kalo boedoet itu sekolah, kamu jadi minta mama kamu untuk masukin kamu ke sana. Terus gak boleh sama mama kamu karena sekolahnya dianggap vandal.

3. Texas 46


Sama seperti Boedoet, Texas 46 adalah nama sekolah. Texas 46 merupakan alias dari SMA Negeri 46 yang ada di Blok A. Kelegendarisan grafitti Texas 46 menyaingi Boedoet dan pastinya juga banyak membuat banyak orang penasaran. Tapi sebenernya pertanyaan paling penting dari hal ini adalah: Kenapa namanya Texas sih? Apa hubungannya SMA 46 sama Texas? Ada pembaca MBDC yang merupakan alumni Texas 46?

4. by Rame2


By Rame2 pada dasarnya lebih merupakan signature, bukan merupakan grafitti yang berdiri sendiri. Tulisan-tulisan yang mengiringi 'by Rame2′ ini sangatlah random dan gak ada pola khususnya. Bisa jadi cuma coret-coretan nama seperti:
ablay, qthink, kebhotz, jawir….by Rame2
Atau bisa juga sok-sok politis seperti:
Bubarkan DPR! by Rame2
Gitu deh. Sebenernya kalo menurut MBDC sih, ini cuma karena mereka gak berani nulis siapa yang coret-coret ajah. Jadi kalo para graffiti artist jaman sekarang bangga dengan karyanya, jaman dulu mah takut.

5. XXXX was Here


Ini juga merupakan coret-coretan paling populer pada masa lalu. Sebenernya, kayaknya sih coret-coretan ini dibuat oleh anak-anak yang gak tau mau nulis apa, tapi kebetulan pegang pilox dan pengen aja coret-coret tembok rumah orang. Selain itu, ini juga merupakan bentuk primitif dari check-in foursquare.
Demikianlah coret-coretan yang pernah menghiasi kota tercinta ini di masa lalu, sebeluma ada graffiti-graffiti yang bagus. Apakah MBDC melewatkan sesuatu? Boleh dishare di comment loh.

0 comments:

Post a Comment